Laman

Rabu, 15 Oktober 2014

SEJARANG SINGKAT SMK YAMATU TUALANG KABUPATEN SIAK

SEJARANG SINGKAT BERDIRINYA
SMK YAMATU TUALANG KABUPATEN SIAK 


Pada awal berdiri tahun pelajaran 2002/2003 SMK YAMATU TUALANG bernama SMK TERPADU PERAWANG. Sekolah ini dinamakan SMK Terpadu karena gabungan antara 2 Program Keahlian, yaitu Bisnis & Manajemen dan Teknologi.
Pada tahun awal berdirinya SMK YAMATU TUALANG menerima siswa baru berjumlah 3 (tiga) lokal, yang terdiri dari 1 (satu) lokal Jurusan Sekretaris, 1 (satu) Lokal Jurusan Listrik dan 1 lokal Jurusan Elektronika.
Letak Sekolah ini sangat strategis dan sangat menunjang sekali karena berada di tengah-tengah dunia usaha dan industri. Sebagai contoh, letak yang tidak jauh dari beberapa perusahan besar yang berada di Kecamatan Tualang diantaranya, PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT Probesco, PT Berca serta kontraktor-kontraktor yang bergerak dibidang supplier dan jasa.
Di samping itu berdirinya SMK YAMATU TUALANG (Dahulunya bernama SMK TERPADU PERAWANG) ini didasari oleh keinginan dan desakan dari masyarakat kecamatan Tualang yang merasa kesulitan untuk melanjutkan sekolah anak-anaknya ke luar daerah seperti Kota Pekanbaru dan daerah-daerah lain khususnya Sekolah Kejuruan, sehingga mereka berupaya untuk mendirikan sebuah Sekolah Menegah Kejuruan.
Desakan dan keinginan masyarakat ini kemudian dipertimbangkan oleh beberapa orang tokoh masyarakat dan para cendikiawan, sehingga akhirnya terbentuklah sebuah Yayasan yang diberi nama YAYASAN MASYARAKAT TUALANG dengan singkatan YAMATU sebagai Yayasan penyelenggara SMK YAMATU TUALANG.
Setelah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Siak, SMK YAMATU TUALANG yang berada di bawah Yayasan Masyarakat Tualang ini mendapat tanggapan dan dukungan yang positif. Beranjak dari semua itu, berdirilah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang dikelola oleh Yayasan Masyarakat Tualang.
Perubahan nama dari SMK TERPADU PERAWANG ke SMK YAMATU TUALANG terjadi pada akhir tahun 2006, landasan perubahan nama tersebut karena sesuai dengan pembaharuan kurikulum SMK bahwa penggabungan semua jurusan baik Bisnis & Manajemen, Teknologi, boleh saja diterapkan   pada sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Maka berdasarkan hal tersebut, Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Masyarakat Tualang mengambil keputusan bahwa SMK TERPADU PERAWANG diganti dengan menggunakan nama Yayasan yaitu SMK YAMATU TUALANG.
Pada tahun 2007 dibuka Program keahlian baru yaitu Teknik Mekanik Otomotif. Program keahlian ini dibuka karena banyaknya permintaan dari masyarakat. Karena hal tersebutlah dewan pengurus yayasan mewujudkan permintaan masyarakat dan hasilnya mendapatkan respon yang baik, hal ini dilihat dari banyaknya siswa baru yang mendaftar pada program keahlian Teknik Mekanik Otomotif hingga mencapai 2  (dua) kelas.  
Selanjutnya dalam rangka pengembangan sekolah, pada tahun pelajaran 2010/ 2011 dibuka program keahlian baru yaitu Teknik Otomotif Sepeda Motor/ Teknik Sepeda Motor, hal ini juga dilandasi oleh permintaan dan usul dari orang tua/ wali dan secara umum juga dari masyarakat, tentunya hal ini ditanggapi oleh Pihak Yayasan, dan pada tahun pelajaran tersebut penerimaan siswa baru mencapai 2 (dua).
Dalam perjalanan SMK YAMATU TUALANG untuk penyelenggaraan pendidikan yang bermutu kedepannya tentu tidak mungkin terjadi tanpa ada kerjasama yang baik dari semua pihak. Dukungan dan saran senantiasa sangat diharapkan dalam rangka pengembangan SMK YAMATU TUALANG pada masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar